Juni 2010, Seleksi PNS Susulan

Pemerintah memastikan akan kembali membuka lowongan penerimaan CPNS baru pada tahun 2010 ini. Untuk perhitungan kuotanya, akan diformulasikan sesuai dengan kebutuhan formasi dan akan diajukan ke DPR RI pada bulan Juni mendatang.

??Usulan kuota CPNS akan kita susun Juni nanti,?? ungkap Deputi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Ramli Naibaho yang dihubungi JPNN, Rabu (6/1).

Dalam penyusunan kuota CPNS, lanjut Ramli, pemerintah tetap berpegang pada prinsip kebutuhan daerah dan kemampuan keuangan negara. Apalagi, banyak daerah pemekaran yang masih membutuhkan tenaga PNS. ??Di daerah terpencil dan pemekaran masih banyak kekurangan tenaga PNS. Ini akan jadi bahan pertimbangan kita dalam penyusunan formasi CPNS nanti,?? tuturnya.
Mengenai sisa kuota CPNS yang tidak ada pelamarnya, menurut Ramli, akan ditambahkan dalam usulan 2010. ??Misalnya di Sulut formasi yang tidak ada pelamarnya ada 500, terus Sulut mengusulkan 7000-an. Itu nanti akan kita tambahkan sehingga totalnya 7500,?? ujarnya.
Ditanya, apakah dengan penambahan CPNS yang tiap tahun mencapai ratusan ribu orang tersebut tidak mubazir dan menghabiskan uang negara, Ramli menyatakan, penyusunannya disesuaikan dengan tenaga PNS yang pensiun.
??Tiap tahun kan banyak PNS yang pensiun, berhenti, atau diberhentikan karena alasan tertentu. Nah, posisi kosong itu yang kita isi. Kalaupun ada penambahan diprioritaskan untuk daerah perbatasan, terpencil, dan pemekaran,?? pungkasnya.
Formasi Tak Terpenuhi
Data yang dihimpun Riau Pos, di Riau terdapat beberapa formasi PNS yang tak terisi dan kemungkinan masih bisa diisi dalam penerimaan PNS Juni 2010 nanti. Di Bengkalis misalnya, ada lima formasi yang tak terpenuhi. Total kuota penerimaan CPNS di lingkungan Pemkab Bengkalis sebanyak 223 orang.
Namun dari kuota tersebut, sebanyak lima formasi tidak terpenuhi, yakni anestasi (tenaga kesehatan) 1 orang, tenaga guru SMA empat orang, yakni bidang studi seni budaya sebanyak 2 orang dan bidang studi geografi 2 orang.
?Dengan tidak terpenuhinya kelima kuota tersebut, maka jumlah peserta yang lulus tes sebanyak 218 orang. Kondisi ini terjadi, karena tidak ada yang melamar, terutama tenaga anestasi dan bidang studi geografi. Memang untuk tenaga guru bidang studi seni budaya, sempat ada yang melamar, hanya saja tidak lulus administrasi, sehingga tak bisa mengikuti tes,?? ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bengkalis, Hermizon, belum lama ini.
Dari Kuansing dilaporkan, Kepala BKD Kuansing Drs Muharman MPd mengatakan kuota formasi pelamar umum untuk Kabupaten Kuansing berjumlah 432 orang yang terdiri dari 172 orang tenaga guru, 114 orang tenaga kesehatan dan 146 orang tenaga teknis.
Dari jumlah tersebut, lanjutnya, tidak terpenuhi seluruhnya. Sebanyak sembilan formasi tidak terisi sehingga yang diumumkan sebanyak 423 orang. Sembilan formasi itu karena tidak ada peminatnya seperti, perawat anastesi (dua orang), dokter gigi dari enam orang yang akan diterima, hanya lima orang yang ikut melamar dan lulus administrasi.
Selanjutnya formasi surveyor pemetaan, serta guru bimbingan konseling untuk SMK yang juga tidak terpenuhi.
Begitu juga di Kabupaten Kepulauan Meranti. Saat penerimaan CPNS 2009 lalu, ada 20 formasi yang tidak terisi. ??Ini nanti akan kita usulkan pada penerimaan CPNS 2010,?? ujar Plt Bupati Meranti Drs Syamsuar MSi kepada Riau Pos.
Sementara untuk CPNS 2009, lanjutnya, semua proses sudah selesai. Saat ini tinggal hasil yang di daerah dilaporkan ke BAKN pusat. Sementara itu Gubernur Riau HM Rusli Zainal ketika dikonfirmasi terkait rencana rekrutmen PNS tahun 2010 ini menyebutkan pihaknya belum mendapatkan informasi yang pasti. Namun ia menyambut positif berita itu.
Menurut Rusli, seleksi PNS susulan ini penting karena di daerah, terutama daerah pemekaran yang masih minim tenaga PNS, formasi CPNS yang diperlukan belum sepenuhnya terpenuhi. ??Ya, kita lihat perkembangannya nanti, termasuk soal masih ada formasi yang diperlukan namun belum terisi oleh seleksi yang lalu itu,?? ujarnya, normatif.(esy/jpnn/muh)

Sb: Riau Pos