Permohonan maaf Kementerian Perdagangan

Kementerian Perdagangan menyampaikan permohonan maaf atas munculnya satu pertanyaan mengenai lagu ciptaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada saat tes tertulis Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tanggal 12 Oktober 2010 di Jakarta.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Menteri Perdagangan Ardiansyah Parman dalam siaran persnya. Dia mengatakan  pembuatan soal ujian tidak  mempunyai niat dan tujuan politis. Kata Ardiansyah, jika pertanyaan tersebut memunculkan persepsi negatif, Kementrian Perdagangan minta maaf.
Penjelasan ini sekaligus mengoreksi berita Tempointeraktif sebelumnya yang mengatakan bahwa menteri perdagangan tidak mau meminta maaf. Kepada wartawan Menteri Perdagangan Mari Elka PangestuSabtu, 16 Oktober 2010, mengatakan, ”Saya bukan mengatakan tak mau minta maaf. Tapi saya tak mau menjelaskan lagi soal lagu SBY itu karena sudah dijelaskan oleh Sekjen.”
Ardiansyah menambahkan, “Kami telah meminta penjelasan kepada Ketua Panitia Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Perdagangan 2010 yang bertanggung jawab atas pertanyaan yang ada di dalam ujian,” kata Ardiansyah Parman, Sekretaris Jenderal Kementrian Perdagangan Sabtu, 16 Oktober 2010 di Jakarta. “Yang bersangkutan telah menjelaskan bahwa prinsipnya pertanyaan di ujian untuk bagian pengetahuan umum ditujukan untuk menguji pengetahuan umum secara luas termasuk mengenai Pimpinan Negara.”
Ardiansyah berjanji lembaganya akan melakukan koreksi yang diperlukan, termasuk dengan menerima masukan-masukan dari berbagai pihak sehingga proses perekrutan CPNS semakin baik.
Ihwal lagu Presiden Yudhoyono menjadi perbincangan publik pekan lalu setelah dalam tes tulis pegawai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tanggal 12 Oktober 2010 muncul pertanyaan seputar itu. Soal itu dibuat oleh Biro Kepegawaian Kementrian Perdagangan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, soal itu disimpan rapat-rapat. Bahkan, sejumlah pejabat teras kementrian itu tak dilapori untuk menjaga kerahasiaan soal. Mereka takut bocor. Rupanya, soal itu menimbulkan kehebohan.

2 thoughts on “Permohonan maaf Kementerian Perdagangan

  1. anang

    kita semua tau bangsa ini tak kan maju apabila aparat negara cari muka kepada atasannya. tidak kerja apa yang harus ia kerjakan

  2. bispak

    gak penting itumah… cuma 1 soal.. walau bener smua juga ga bakal keterima coz banyak KKN titipan2 pejabat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>