BKD Belum Tahu Jumlah Honorer yang Lolos jadi CPNS

Kemenpan RI memastikan akan mengangkat 67 Ribu honorer menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada oktober mendatang. Honorer tersebut masuk pada kategori I dimana merupakan tenaga honorer yang sudah masuk database sejak januari 2005 lalu. Meski kesempatan tersebut sangat besar, Pemerintahan Provinisi (Pemprov) Riau belum mengetahui berapa kuta yang akan diterima. Kepastian tersebut baru akan diketahui setelah Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau menerima surat pembagian kuota Honorer yang dinyatakan layak menjadi PNS sesuai administrasi.

‘’Memang pernyataan itu mengembirakan semua, namun kita belum mengetahui berapa jumlah yang akan diberikan kepada Pemprov maupun Kabupaten/kota di Riau. Pasalnya, kita belum menerima surat resmi tersebut dan baru akan kita terima nanti. Sekarang saya sedang dalam perjalanan ke Jakarta dan ada pertemuan sedikit,’’ terang Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian BKD Riau, Suratno saat dihubungai Riau Pos (Grup JPNN), Rabu (21/9).

Berdasarkan informasi, jumlah pengajuan tenaga honorer Riau mencapai ratusan. Kategori yang diutamakan sudah diverifikasi di daerah dan diajukan ke pusat melalui Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Untuk pengangkatan tersebut juga dilakukan dengan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS sebagai payung hukumnya. Setelah diangkat, diupayakan pemberkasan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP)-nya selesai akhir tahun ini.

Sementara itu, untuk honorer kategori II (yang masuk database diatas Januari 2005 dan tercecer) juga akan diangkat jadi CPNS. Hanya saja, mereka harus seleksi di antara honorer sendiri serta melalui jalur umum. Untuk Riau, formasi yang paling banyak honorer di tenaga pendidikan dan teknis.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>