Bupati Muba Usul Rekrut CPNS 2011

Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Pahri Azhari menginginkan adanya rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tenaga medis dan paramedik 2011/2012.  Keinginan ini diutarakan dalam rapat paripurna DPRD Muba terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBDP) belum lama ini.

Senin (3/10) kemarin sebagian besar perhatian masyarakat Muba tertuju pada pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Muba.

Padahal di saat yang sama, sekitar pukul 10.00, DPRD Muba juga menggelar paripurna dengan agenda jawaban Bupati Muba terhadap pertanyaan dan pandangan anggota dewan terkait RAPBDP yang disampaikan sebelumnya.

Pahri mengatakan, tidak ada anggaran perekrutan tenaga dokter, bidan, dan perawat honorer untuk tahun 2011. Karena itu rekrutmen dimaksud berikut anggaran gajinya diusulkan dalam APBDP tahun 2011, mengingat masih cukup banyak tenaga honorer.

“Kami ingin mengusulkan rekrutmen CPNS tenaga medis dan paramedis di tahun 2011/2012 melalui BKD dan Diklat Daerah Kab. Muba,” terang Pahri.

Menyinggung soal pengangkatan pegawai honorer di lingkungan Pemkab Muba, Pahri menjelaskan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 48 tahun 2005, Pasal 8, semua pejabat pembina kepegawaian dan pejabat lain di lingkungan instansi, dilarang mengangkat tenaga honorer dan sejenisnya, kecuali ditetapkan dengan PP.

“Mengacu pada PP ini, sejak tahun 2005 kita tidak diperbolehkan lagi mengangkat tenaga honorer dalam bentuk apapun termasuk tenaga suka rela,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Muba mengatakan, moratorium terkait tidak diperbolehkannya rekrutmen CPNS bisa dimaklumi untuk daerah tertentu.

Sebab kalau memang secara jumlah sudah mencukupi, tentu tidak ideal jika tidak ada batasan dalam rekrutmen. Namun lanjut dia, berbeda untuk di Muba yang dirasa masih banyak membutuhkan CPNS khususnya tenaga pendidikan dan kesehatan.

“Kita akan upayakan rekrutmen CPNS ada, tentunya dengan prosedur yang benar dan sesuai aturan. Salah satu pertimbangannya, ya karena APBD kita cukup memungkinkan, disamping kita memang membutuhkan sekitar 4.000 tenaga lagi,” ujarnya.

3 thoughts on “Bupati Muba Usul Rekrut CPNS 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>