DPRD Kota Bandung Larang BKD Membuka Penerimaan CPNS 2011

Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung mengimbau agar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bandung tidak membuka formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2011. Alasannya, jumlah PNS yang ada saat ini sudah dianggap mencukupi.  Anggota Komisi A DPRD Kota Bandung Lia Noer Hambali mengatakan, hal itu mengacu pada Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bandung yang menyebutkan bahwa jumlah PNS di lingkungan Pemkot Bandung sudah surplus sebanyak 300 orang. “Rumus perhitungannya yaitu 1:100 penduduk, maka didapati bahwa jumlah PNS di Kota Bandung sudah kelebihan sekitar 300 orang,” katanya, ketika ditemui di Gedung DPRD Kota Bandung, Senin (15/8).

Selain itu, dia juga mengatakan, Komisi A menilai Wali Kota Bandung hingga saat ini belum melakukan penataan mendasar terhadap pembagian tugas PNS, serta sistem karir yang belum jelas. “Itu bisa dilihat dari promosi pegawai yang hanya berputar di lingkungan itu-itu saja,” ucap dia.

Belum meratanya diklat atau pelatihan keahlian, lanjut Lia, juga dianggap sebagai kendala. “Makanya setelah dievaluasi, kami agak keberatan dengan penerimaan CPNS baru, karena nantinya akan membebani anggaran. Daripada membuka formasi CPNS, lebih baik meningkatkan SDM yang sudah ada,” katanya.

Dia mencontohkan, keadaan sumber daya manusia yang ada di Satpol PP Kota Bandung. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Kepala Satpol PP Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengeluhkan minimnya jumlah personel Satpol PP, yang berdampak pada lemahnya implementasi perda di lapangan.

“Tidak perlu menambah PNS, cukup ambil saja PNS dari SKPD lain yang masih surplus. Lebih baik meningkatkan kemampuan PNS yang sudah ada dan diberikan pembekalan diklat yang berhubungan dengan tugas baru,” ucap Lia. Untuk itu, DPRD Kota Bandung lebih memilih untuk menambah anggaran diklat, daripada menambah anggaran untuk belanja pegawai.(A-175)***

Download Soal-Soal CPNS Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>