Gembong Mafia Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS Diringkus

Berakhir sudah pelarian Kuncoro (53) tersangka gembong mafia penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang selama ini menjadi buronan polisi. Pensiunan UPTD  Dinas Pendidikan Olahraga (Dikpora) Kec. Baron diringkus tim buru sergap Polres Nganjuk setelah pulang dari persembunyianya di Mojokerto.  Sebelumnya, Kuncoro dilaporkan Abdul Aziz, Staf Dikpora Pemkab Nganjuk yang tidak lain adalah anggotanya jaringan yang bertugas mencari puluhan korban. Tak ingin bermasalah hukum sendiri, Azis pun menyebut Kuncoro sebagai dalam penipuan CPNS tersebut.

Kapolres Nganjuk AKBP Anton Sasono mengungkapkan, selama buron, Kuncoro  warga Dusun Sukorejo desa Jogomerto Kecamatan Baron itu bersembunyi di rumah kerabatnya di Mojokerto. Tertangkapnya dia, berawal laporan tetangga pelaku setelah melihat kemunculan tersangka di rumahnya. Petugas pun langsung menyergap, dan tanpa kesulitan meringkus Kuncoro. “Dia ditangkap tanpa melakukan perlawanan,” ujarnya, Sabtu (2/4) siang.

Kuncoro diduga menipu puluhan orang terkait penerimaan CPNS tahun 2009. Modusnya, dia menjanjikan mamasukkan para korbannya menjadi PNS di lingkungan Dinas Pendidikan Pemkot Kediri. Dalam aksi penipuan itu Kuncoro membentuk sebuah jaringan untuk mencari sejumlah orang yang membutuhkan pekerjaan, termasuk anggotanya adalah Abdul Aziz warga Desa Sumber Urip, Kec. Berbek.

Juga Jarwono warga Lingkungan Njebuk, Kel. Kartoharjo Kec. Nganjuk, Ali Basuki alias Ali Markaban warga Desa Ngepeh, Kec. Loceret dan Bambang Lestari Basuki warga Desa Waung, Kec. Baron,– adik kandung Kuncoro sendiri. Semua anggota jaringan itu sudah diamankan lebih dahulu Polres Nganjuk.

Dari gang mafia itu terjaring sekitar 26 orang berhasil ditipunya dengan meraup uang sebesar Rp 500 juta lebih. Dari puluhan korban yang setor uang itu, tidak ada satu pun yang lolos menjadi PNS. Kalau ada yang menjadi tenaga honorer, itu juga tidak jelas gajinya,” kata Kapolres AKBP Anton Sasono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>