Sumut tak terima CPNS 2011

“Hasil rapat tadi sudah dapat dipastikan tidak akan ada penerimaan CPNS di Sumut pada tahun 2011 dengan alasan karena saat ini baik pihak BKD Provsu dan BKD kab/kota sedang menghitung jumlah pegawai dan ditenggarai ada pegawai tidak bekerja dengan baik,” ucap Kaiman, hari ini.Selain itu, juga terjadi pembengkakkan belanja pegawai dibanding dengan belanja publik di sejumlah daerah kabupten/kota di Sumut, artinya ada di beberapa daerah di Sumut belanja pegawainya di atas 50 persen dibanding belanja publik.

“Jadi sesuai Permen PAN No 26 tahun 2011, seluruh daerah provinsi dan kabupaten/kota akan mengadakan perhitungan pegawai selama masa moratorium yaitu sejak 1 September hingga 31 Desember 2012,” ujar Kaiman. Dikatakan Kaiman, untuk perhitungan pegawai tadi, maka Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memberikan formulir kepada seluruh daerah untuk diisi data-data pegawainya sehingga nantinya dapat diketahui di daerah tadi apakah kurang atau lebih pegawainya. “Setelah dilakukan penghitungan, kalau ada kelebihan pegawai maka Gubernur Sumatera Utara dan bupati/walikota akan meredistribusikan PNS tadi,” ujar Kaiman.
Kaiman mengatakan ada sebanyak 12.238 orang pegawai Pemprov Sumut, tapi pihaknya belum mengetahui apakah kelebihan pegawai atau kurang. Nanti setelah dilakukan analisis jabatan dan analisis beban kerja baru ada penghitungan secara riil sehinga diketahui berapa sebenarnya yang dibutuhkan di setiap SKPD.
“Dan penghitungan pegawai tadi paling lambat Desember 2011 sudah disampaikan ke Menpan. Nah, hal inilah yang kita kejar termasuk BKD kab/kota agar tidak terlambat,” ujarnya.
Menurut Kaiman, kendati daerah provinsi maupun kab/kota mengusulkan untuk penerimaan CPNS dibuka, jika tidak disetujui Komite Pengarah Reformasi Nasional maka penerimaan CPNS tadi tidak akan dibuka. Artinya, Komite Pengarah Reformasi Nasional harus melakukan verifikasi dan validasi usulan instansi tersebut sebagai bahan penetapan Menpan.

“Tapi setelah mendapat persetujuan Komite Pengarah Reformasi Nasional kemungkinan di tahun 2012 baru akan ada penerimaan CPNS untuk tenaga pendidik, tenaga dokter, bidan dan perawat serta jabatan yang bersifat khusus dan mendadak,” tandas Kaiman seraya mengatakan pada rapat kerja tadi dihadiri oleh Kepala Kanreg BKN VI Medan, I Nyoman Arsa.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sumut, Nurdin Lubis mengatakan perencanaan kebutuhan pegawai merupakan langkah awal yang sangat penting dalam proses menajemen sumber daya manusia aparatur. Melalui perhitungan yang rasional dan sistematis dengan metode analisis jabatan dan analisis beban kerja di setiap organisasi akan didapat kesesuaian dan ukuran bagi pegawai/unit organisasi dalam melaksanakan kegiatannya, yaitu berupa norma waktu penyelesaian pekerjaan, tingkat efisiensi kerja, standar beban kerja dan prestasi kerja.
“Hasil perhitungan tersebut setelah dianalisa hasilnya akan digunakan untuk menyusun informasi pegawai negeri sipil dengan harapan dapat digunakan Pejabat Pengelola Kepegawaian (PPK) untuk melakukan penyempurnaan perencanaan, pengembangan dan distribusi Pegawai Negeri Sipil di masing-masing unit kerja,” jelas Nurdin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>